Soal Singapore Mathematical Olympiad

Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia yang paling diminati selain FLS2N, dan O2SN. Sejak tahun 2002 lalu, OSN telah mencetak bibit unggul Indonesia dalam Olimpiade Internasional. Indonesia tak jarang meraih medali baik emas, perak, maupun perunggu. Hal ini merupakan salah satu pencapaian luat biasa Indonesia dalam rangka mewujudkan Pendidikan Anak Bangsa yang berkualitas.
Salah satu bidang yang dilombakan dalam OSN adalah Matematika. Tim Olimpiade Matematika Indonesia (TOMI) sudah sering meraih medali di kancah internasional, bahkan sekelas Internasional Mathematics Olympiad pun Indonesia pernah meraih medali. Dalam proses pencapaian prestasi tersebut tentu perlu persiapan yang matang dari jauh-jauh hari. Mulai dari mengumpulkan soal-soal tahun sebelumnya, berlatih dengan guru mata pelajaran, hingga mendatangkan tentor untuk mendapatkan materi yang lebih banyak.
Tidak semua orang dapat mendatangkan tentor untuk membimbingnya memuju Olimpiade Sains Nasional karena biaya yang tidak sedikit. Tapi, bukan berarti yang tidak dapat mendatangkan tentor berarti tidak bisa berprestasi. Dengan berlatih sendiri mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya dan soal-soal yang setara dengan OSN, tentunya semua orang dapat meraih prestasi yang luar biasa. Untuk itu, kali ini saya akan membagikan soal-soal setara dengan soal OSN yakni soal-soal Singapore Mathematical Olympiad dari tahun 2008 sampai dengan 2013.
Soal-soal tersebut telah dilengkapi dengan pembahasan sehingga dapat kalian gunakan untuk persiapan menghadapi OSN dengan tanpa takut kesulitan mencari jawaban yang benar.
Kalian dapat mendownloadnya dengan gratis di link yang saya siapkan di bawah ini.
Semuga bermanfaat dan Salam Matematika Indonesia!!!

Silahkan download gratis di bawah ini

SMO 2008
SMO 2009
SMO 2010
SMO 2011
SMO 2012
SMO 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PANGKAT DAN AKAR KELAS 9 SMP

MARS SMA NEGERI 2 BREBBES